Kurma, Buah Kecil Berkhasiat

ukdm/ August 11, 2016/ Artikel Islam, Baca, Dakwah

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Sahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda :

 “Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” [1]

Mengkonsumsi kurma akan terhindar dari racun maupun sihir? Wow, mau dong. Yuk cekidot, kita simak tulisan berikut.

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullaah menukilkan perkataan Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma Ajwah :

“Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri.” [2]

Selain kurma ajwah mampu menangkal sihir, kurma ini mampu menjadi obat penawar racun seperti yang disabdakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

اَلْعَجْوَةُ مِنَ الْجَنَّةِ، وَهِيَ شِفَاءٌ مِنَ السُّمِّ

“Kurma Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun.” [3]

Imam Ibnul Qayyim memberikan komentar terhadap hadits tersebut, “Yang dimaksud dengan kurma Ajwah disini adalah kurma Ajwah Al-Madinah, yakni salah satu jenis kurma di kota itu, dikenal sebagai kurma Hijaz yang terbaik dari seluruh jenisnya. Bentuknya amat bagus, padat, agak keras dan kuat, namun termasuk kurma yang paling lezat, paling harum dan paling empuk” [4]

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ فِي عَجْوَةِ الْعَالِيَةِ شِفَاءً، اَوْإنَّهَا تِرْيَاقٌ، أَوَّلَ الْبُكْرَةِ

“Sesungguhnya dalam kurma Ajwah yang berasal dari Aliyah arah kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejed itu mengandung obat penawar atau ia merupakan obat penawar, dan ia merupakan obat penawar racun apabila dikonsumsi pada pagi hari” [5]

Nah teman-teman, telah dijelaskan di atas mengenai khasiat kurma dalam menangkal sihir dan menjadi obat penawar racun. Selain itu pula ada khasiat lain loh dari kurma. Mau tau? Oke, sebelumnya saya akan menceritakan pengalaman pribadi saya dulu ya. Boleh kan? Boleh dong? Hehe.

Begini ceritanya, saya memiliki penyakit anemia, jadi kalau banyak aktivitas dan belum makan biasanya saya langsung pusing, mual, mata kunang-kunang, dan rasanya ingin pingsan. Tapi sejauh ini masih bisa teratasi kok. Hehe. Beberapa hari yang lalu, murabbiyah (guru agama-red) saya menceritakan mengenai mengkonsumsi kurma di pagi hari dan ketika puasa sahurnya dengan kurma, maka pada siang hari tidak terasa lapar. Nah dari cerita tersebut, saya mulai coba-coba deh tuh, berhubung esoknya hari Senin, maka saya niatkan puasa Senin-Kamis dan sahur dengan buah kurma yang sebelumnya direndam dengan air selama semalam. Lalu ketika ingin diminum ditambahkan susu biar lebih enak cenah. Hehe. Dan pada hari Senin itu pula, saya ada jadwal praktikum. Nah tau kan ya mungkin kalau anak Kimia atau anak jurusan lain yang sering ke laboratorium, kalau sudah praktikum karena menggunakan berbagai zat, maka mulai deh pusing (karena tidak menggunakan alat pelindung diri yang benar sih. Hehe) dan pada akhirnya ketika praktikum dan suka pusing gitu saya istirahat dulu pas praktikum untuk mengurangi efek mata kunang-kunang dan saya istirahat tidak hanya sekali, tapi beberapa kali.  Nah pada hari itu, kan saya sudah makan kurma tuh pas sahur, biasanya sih kalau sahur dengan karbohidrat biasa dan sudah minum susu pula saya akan pusing juga dan mata kunang-kunang eh tapi karena pada dini harinya saya sahurnya dengan kurma dan susu akhirnya selama praktikum tetap fresh dan sampai berbuka pun kondisi tubuh tetap bugar. Dan ketika berbuka puasa dengan minum air teh pun langsung kenyang. Jadi terbuktilah ya mengenai hal yang disampaikan murrabiyah saya dan hal ini menjadikan saya penasaran dengan khasiat kurma dan jadi ingin nulis ini deh. Hehe. Segitu aja dulu cerita ya. Lanjut lagi kita bahas mengenai khasiat kurmanya.

Kurma memiliki kandungan monosakarida berupa glukosa dan fruktosa, berbagai vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin dan kalium dalam jumlah yang sangat ideal. Nah kandungan monosakarida ini yang menjadikan kurma mampu diserap cepat oleh tubuh dan bisa menjaga kondisi tubuh tetap bugar ketika kurma dimakan ketika pagi hari  karena asupan energi tetap terjaga dan perut pun masih terasa kenyang, begitupun ketika kurma dikonsumsi ketika berbuka puasa maka ia akan mampu memulihkan kondisi tubuh karena energi akan dipenuhi oleh monosakarida dari kurma itu. Selain itu, ketika orang anemia biasanya pusing dan mata kunang-kunang maka ketika memakan kurma akan merasa fresh karena pada kurma mengandung kalium yang mampu mengencerkan darah dalam tubuh sehingga mampu dialirkan oleh jantung ke seluruh tubuh dan dengan hal ini makan mengonsumsi kurma pun dapat menjaga kesehatan jantung karena kondisi darah yang encer dan tidak kental maka akan mengurangi resiko stroke.

Khasiat kurma lainnya masih banyak sekali sih, namun cukup dulu ya. Hehe. Membiasakan memakan kurma saat ini mampu membuat tubuh kita beradaptasi hingga nanti tubuh kita akan siap untuk berpuasa di siang hari. Dan khusus juga nih buat anak-anak kosan biasanya nih kalau sahur malas kan buat beli makan dulu atau menyiapkan dari malam, nah bisa nih sebagai alternatif merendam 7 buah kurma di dalam air putih selama semalam dan pada saat paginya masukan susu murni atau susu plain (tidak ada rasanya, karena kalau ada rasa manis jadi malah kemanisan), dan juga minum air putih ya tentunya agar kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi dan tubuh semakin sehat. Simple kan.

Dalam perendaman kurma ini perlu diperhatikan agar lama perendaman tidak lebih dari semalam karena ketika perendaman lebih dari semalam maka kurma akan mengalami fermentasi. Kandungan kurma berupa monosakarida akan berubah menjadi alkohol dan karbondioksida dan hal ini akan membuat kurma menjadi khamr seperti yang dijelaskan dalam firman Allah SWT, QS. An-Nahl ayat 67 yang artinya :

“Dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan rizki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.” Nah ketika kurma sudah menjadi khamr yang dapat memabukkan ini tidak boleh di konsumsi yak arena haram. Oh ya, untuk kurma yang dibahas ini kurma jenis apapun ya, in syaa Allah memberikan efek yang bermanfaat untuk tubuh namun ya memang yang paling baik adalah kurma ajwah seperti yang dijelaskan hadist Rasulullah di atas.

Cukup dula ya isi tulisan ini, semogga bermanfaat tulisan ini dan silahkan memberikan saran dan kritik yang membangun agar lebih bermanfaat lagi tulisan ini dan yang lainnya.

Bandung, 19 Mei 2016

Penulis : Ade Irma Fazriah – @AdeFazriah (Ketua Bidang MSDM UKDM Emas)

Editor : S. Fauziah

———

Footnote :
[1]. HR Al-Bukhari (no. 5769) dan Muslim (no. 2047) (155)), dari Shahabat Sa’ad bin Abu Waqqash
[2]. Fathul Bari Syarah Shahih Al-Bukhari oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalany (X/239), cet. Daar Abi Hayyan 1416H
[3]. HR Ibnu Majah (no. 3453) Ahmad (III/48) dari Sahabat Jabir bin Abdillah dan Abi Sa’id, demikian juga At-Tirmidzi dalam Sunnannya (no. 2066) dari Abu Hurairah. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Misykatul Mashaabiih (IV/164/4163), dimuat juga oleh Syaikh Salim bin Ied Al-Hilaly dalam Shahih Ath-Thibb An-Nabawy fi Dhau’il Ma’arif Ath-Thabiyyah wal Ilmiyyah Al-Haditsah (hal. 428), cet. Maktabah Al-Furqaan, th.1424H
[4]. Ath-Thibb An-Nabawy oleh Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah (hal. 331), cet. Maktabah Nizaar Musthafa Al-Baaz, tah. 1418H
[5]. HR Muslim no. 2048 dari Aisyah

Sumber gambar: http://www.viaberita.com/8433/konsumsi-3-kurma-setiap-hari-dan-rasakan-5-manfaat-berikut/

Referensi:

https://almanhaj.or.id/2229-makan-tujuh-butir-kurma-ajwah-dapat-menangkal-racun-dan-sihir.html

About ukdm

Website resmi Lembaga Dakwah Kampus | Unit Kegiatan Dakwah Mahasiswa | Universitas Pendidikan Indonesia | #KarenaIslamMilikKitaSemua

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*